Jenis Makanan yang Mengandung Asam Folat

Jenis Makanan yang Mengandung Asam Folat adalah vitamin yang larut air. Vitamin B9 sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh mulai dari sintesis nukleotid ke remetilasi homocysteine. Vitamin ini terutama penting pada period pembelahan dan pertumbuhan sel. Anak-anak dan orang dewasa memerlukan Asam Folat untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia.Asam Folat juga sangat penting bagi wanita hamil.

Makanan yang Mengandung Asam Folat



Beberapa manfaat fungsi asam folat yang berguna dalam kesehatan adalah :

  • Untuk Kesehatan Ibu Hamil.
Pada setiap pemeriksaan kesehatan ibu hamil para tenaga kesehatan baik dokter atau pun bidan akan banyak memberikan dan merekomendasikan pemberian asam folat ini karena sangat berguna dalam pencegahan akan kecacatan baik fisik atau pun mental pada bayi yang nantinya akan dilahirkan. Terutama asam folat berfungsi mencegah bayi lahir cacat pada otak dan sumsum tulang belakang. Dosis yang dianjurkan adalah berkisar antara 400 mcg sampai 600 mcg dalam satu harinya. Ini adalah bagian dari manfaat asam folat untuk ibu hamil.

  • Untuk Kesehatan Fungsi Otak.
Kegunaan folid acid ini bagi kesehatan otak adalah membantu dalam proses pengoptimalan fungsi otak itu sendiri. Berfungsi untuk membantu pencegahan depresi pada diri seseorang. Sedangkan pada orang dengan usia lanjut asam folat berperan mencegah terjadinya kepikunan serta penurunan memori ingatan pada otak.

  • Untuk Proses Pembentukan Sel Darah Merah.
Seringkali pada orang dengan gejala tanda anemia setelah dilakukan pemeriksaan oleh Dokter banyak yang mendapatkan obat tambah darah dan salah satunya adalah folid acid ini. Manfaat asam folat dalam pembentukan sel darah merah (eritrosit dan HB hemoglobin).

  • Manfaat Pada DNA Tubuh.
Asam folat mempunyai kegunaan serta fungsi dalam rangka perbaikan DNA tubuh kita. Karena resiko timbulnya resiko terkena penyakit kanker akan bisa meningkat bila badan kekurangan asam folat ini. Pada umumnya ketika ada permasalahan pada daerah organ pencernaan kita terutama pada usus besar karena kekurangan zat satu ini akan bisa mengakibatkan timbulnya kanker yang berhubungan dengan saluran pencernaan tentunya.


Sumber Makanan yang Mengandung Asam Folat

 1. Bayam
Bayam yang terkenal banyak mengandung zat besi yang juga merupakan sumber asam folat yang baik. Diketahui, bahwa 1/2 cangkir bayam memiliki kandungan 100 mcg asam folat.

2. Pisang
Pisang memanglah bukan sumber asam folat utama, namun dianggap sebagai sumber folat yang baik. Sebuah pisang berukuran sedang memiliki kandungan 24 mcg asam folat, atau 6 % dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan.

3. Jeruk
Selain mengandung vitamin C yang tinggi, jeruk juga mengandung asam folat yang tinggi, dimana 1 buah jeruk berukuran sedang memiliki kandungan 50 mcg asam folat.

4. Kentang
Kentang berukuran sedang memiliki kandungan 30 mcg asam folat. Anda dapat mengonsuminya nya sesuai selera, bisa dengan direbus, digoreng, ataupun dimasak sebagai sayur.

5. Kacang-Kacangan
Sjumlah jenis kacang-kacangan adalah sumber asam folat yang tinggi. 1/2 cangkir buncis diketahui mengandung 141 mcg asam folat, ementara 1/2 cangkir kacang hitam memiliki kandungan 128 mcg dan 1/2 cangkir kacang merah memiliki kandungan 115 mcg.

6. Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari atau kuwaci ternyata merupakan salah satu sumber asam folat. 1/2 cangkir biji bunga matahari kering panggang atau kuaci mengandung 152 mcg asam folat.

7. Biji-bijian
Roti serta makanan lainnya yang terbuat dari bahan biji-bijian mempunyai kandungan asam folat yang tinggi. Satu (8 inci ) gandum tortilla mengandung 98 mcg folat dan 1/2 cangkir  pasta gandum memiliki kandungan 92 mcg asam folat.

8. Sereal
Sarapan dengan semangkok sereal berpotensi bisa menyediakan 100 % dari kebutuhan harian asam folat yang disarankankan.  3/4 gelas sarapan sereal yang diperkaya dengan asam folat bisa menyediakan hingga sekitar 100 sampai 400 mcg asam folat.

Written by: Najwan
Najjwan, Updated at: 23.06

0 Response to "Jenis Makanan yang Mengandung Asam Folat"

Posting Komentar

quotes about life