Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin A

Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin A. merupakan salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik.Manfaat Vitamin A bagi kesehatan tubuh.




Makanan yang Mengandung Vitamin A

Vitamin A banyak berperan dalam pembentukan indra penglihatan bagi manusia.Vitamin ini akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita.Senyawa yang berperan utama dalam hal ini adalah retinol.

Vitamin A juga dapat melindungi tubuh dari infeksi organisme asing, seperti bakteri patogen. Mekanisme pertahanan ini termasuk ke dalam sistem imun eksternal, karena sistem imun ini berasal dari luar tubuh. Vitamin ini akan meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibodi di dalam tubuh.

Salah satu bentuk vitamin A, merupakan senyawa dengan aktivitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Senyawa radikal bebas ini banyak berasal dari reaksi oksidasi di dalam tubuh maupun dari polusi di lingkungan yang masuk ke dalam tubuh. Antioksidan di dalam tubuh dapat mencegah kerusakan pada materi genetik (DNA dan RNA) oleh radikal bebas sehingga laju mutasi dapat ditekan.

Berikut beberapa Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin A inggi.

1. Sereal
Berasal dari jagung kuning dan gandum

2. Umbi-umbian
Umbi-umbian yang mengandung banyak vitamin A adalah ubi kuning, ubi kuning kukus, ubi jalar merah, ubi rambat merah,

3. Biji-bijian
Dari biji-bijian atau kacang-kacangan adalah kacang ercis dan kacang merah

4.Sayuran
Sayuran yang mengandung banyak vitamin A diantaranya bakung, bayam, bayam keripik goreng, bunkil daun talas, bayam merah, daun genjer, daun jambu, daun jambu mete, daun kacang panjangl, serta daun hijauan lainnya, Gandaria, kacang panjang, kankung, kol cina, labu kuning, pak soy, putri malu, ranti muda, rumput laut, sawi, semanggi, terong hintalo dan wortel.

5. Buah-buahan
Contohnya adalah apel, buah negeri, kesemek, mangga, pepaya, pisang, sowa serta sukun.

6. Hewani
Sumber vitamin A Hewani berasal dari daging ayam, bebek, ginjal domba, hati sapi, hati ayam, sosis hati, berbagai jenis ikan (baronang, cakalang, gabus, kawalinya, kima, lehoma, malugis, rajungan, sarden, sunu, titang dan tongkol), telur ikan dan juga telur asin.

7. Hasil olahan
Selain vitamin A alami ada juga yang berasal dri olahan seperti kepala susu, mentega, minyak ikan, minyak kelapa sawit, tepung ikan serta tepung susu.

Makanan yang mengandung vitamin A Tinggi

    hati (sapi, babi, ayam, kalkun, ikan) (6500 mg 722%)
    wortel (835 ug 93%)
    brokoli daun (800 mg 89%)
    ubi jalar (709 mg 79%)
    mentega (684 mg 76%)
    kangkung (681 ug 76%)
    bayam (469 ug 52%)
    labu (400 mg 41%)
    collard hijau (333 mg 37%)
    Keju cheddar (265 mg 29%)
    melon melon (169 mg 19%)
    telur (140 mg 16%)
    aprikot (96 mg 11%)
    pepaya (55 mg 6%)
    mangga (38 mg 4%)
    kacang (38 mg 4%)
    brokoli (31 mg 3%)
    susu (28 mg 3%)

Makanan yang mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan tubuh anda.
Written by: Najwan
Najjwan, Updated at: 11.38

0 Response to "Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin A"

Posting Komentar

quotes about life